Data dan Manajemen Pengetahuan

Dalam blog ini, kita akan membahas tentang apa itu:
  1. Mengolah Data
  2. Pendekatan Basis Data
  3. Sistem Manajemen Basis Data
  4. Data Warehouse dan Data Mart
  5. Manajemen Pengetahuan

  1. Mengolah DataPengolahan data atau data processing merupakan manipulasi data ke bentuk yang lebih informative atau berupa informasi. Informasi merupakan hasil dari kegiatan pengolahan suatu data dalam bentuk tertentu yang lebih berarti dari suatu kegiatan atau suatu peristiwa.
    Terdapat empat penggolongan alat pengolahan data yang bisa anda ketahui diantaranya peralatan manual atau alat sederhana untuk mengolah data dengan factor terpenting adalah dalam penggunaan alat dengan tenaga tangan manusia. Selanjutnya adalah peralatan mekanik yaitu peralatan yang sudah lebih modern dan dalam bentuk mekanik dan digerakkan oleh tangan manual.
    Peralatan berikutnya adalah dengan peralatan mekanik elektronik yang digerakkkan secara otomatis dengan motor elektronik. Dan alat yang terakhir adalah peralatan elektronik yang dikerjakan secara elektronik penuh tanpa bantuan tangan manusia.

  2. Pendekatan Basis Data
    Pendekatan basis data merupakan terkait penyempurnaan kegiatan manajemen data dibandingkan dengan pendekatan tradisional mulai dari pengumpulan, penyimpanan, pemeliharaan, pengelolaan, dan penyebarluasan. Adapun kegiatan manajemen data pada pendekatan tradisional adalah sebagai berikut:
    1. Pengumpulan data dalam pendekatan tradisional dikumpulkan dalam file-file yang tidak            berhubungan satu sama lain.
    2. Penyimpanan data jauh lebih besar dari yang seharusnya karena terjadinya duplikasi data.
    3. Pemeliharaan data berdasarkan karakteristiknya akan lebih sulit karena banyaknya data              dalam file tanpa diketahui hubungannya dengan file lainnya.
    4. Pengelolaan data membutuhkan waktu lama karena masing-masing data berada dalam file-        file yang tidak memiliki hubungan.
    5. Penyebarluasan data menjadi lambat karena pengelolaan data yang lama.
  3. Sistem Manajemen Basis DataSistem Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk meng-akomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda. DBMS pada umumnya menyediakan fasilitas atau fitur-fitur yang memungkinkan data dapat diakses dengan mudah, aman, dan cepat. Beberapa fitur yang secara umum tersedia adalah:
    * Keamanan : DBMS menyediakan sistem pengamanan data sehingga tidak mudah           diakses oleh orang yang tidak memiliki hak akses.
    * Independensi : DBMS menjamin independensi antara data dan program, data tidak      bergantung pada program yang meng-akses-nya, karena struktur data-nya dirancang    berdasarkan kebutuhan informasi, bukan berdasarkan struktur program. Sebaliknya    program juga tidak bergantung pada data, sehingga walaupun struktur data diubah,      program tidak           perlu berubah.
    * Konkruensi / data sharing : data dapat diakses secara bersamaan oleh beberapa             pengguna karena manajemen data dilaksanakan oleh DBMS.
    * Integritas : DBMS mengelola file-file data serta relasi-nya dengan tujuan agar data selalu dalam keadaan valid dan konsisten
    * Pemulihan : DBMS menyediakan fasilitas untuk memulihkan kembali file-file data       ke keadaan semula sebelum terjadi-nya kesalahan (error) atau gangguan baik                 kesalahan perangkat keras maupun kegagalan perangkat lunak.
    * Kamus / katalog sistem : DBMS menyediakan fasilitas kamus data atau katalog             sistem yang menjelaskan deskripsi dari field-field data yang terkandung dalam               basisdata.
    * Perangkat Produktivitas : DBMS menyediakan sejumlah perangkat produktivitas sehingga memudahkan para pengguna untuk menarik manfaat dari database, misalnya report generator     (pembangkit laporan) dan query generator (pembangkit query / pencarian informasi).
  4. Data Warehouse dan Data Mart
    Data warehouse adalah suatu gudang data yang didalamnya itu terdapat data-data historis (sejarah) yang didapat dari berbagai sumber untuk dapat mengambil suatu keputusan. Data mart adalah  bagian dari data warehouse tersebut dan berada pada level departemen pada suatu organisasi atau organisasi. Data mart tersebut menangani sebuah business proses, misalkan pada penjualan, maka hanya pada proses penjualan itu saja yang akan  ditangani pada data mart.
    Berikut ini merupakan Perbedaan Data Warehouse dan Data mart , antara lain ialah sebagai berikut :
Data WarehouseData Mart
Lingkungan (Scope)Perusahaan atau InterpriceDepartemen
SubjekMultiplySingle
Sumber DataBanyakSedikit
Ukuran Data100 GB>1 TB<100 GB
Waktu ImplementasBerbulan-bulan - Bertahun- tahunBeberapa bulan
      5. Manajemen Pengetahuan
          Manajemen pengetahuan (knowledge management) ialah suatu rangkaian kegiatan                yang digunakan oleh organisasi atau perusahaan untuk mengidentifikasi,                                    menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan                    kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait                dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti              pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat                      inovasi yang lebih tinggi.

          Konsep manajemen pengetahuan ini meliputi pengelolaan sumber daya manusia                      (SDM) dan teknologi informasi (TI) dalam tujuannya untuk mencapai organisasi                      perusahaan yang semakin baik sehingga mampu memenangkan persaingan bisnis.                  Perkembangan teknologi informasi memang memainkan peranan yang penting dalam            konsep manajemen pengetahuan. Hampir semua aktivitas kehidupan manusia akan                diwarnai oleh penguasaan teknologi informasi, sehingga jika berbicara mengenai                      manajemen pengetahuan tidak lepas dari pengelolaan.

Komentar

Postingan Populer